Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara

Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara

Masyarakat Indonesia sebelum kedatangan Agama Islam ada yang sudah menganut agama Hindu Budha maupun menganut kepercayaan adat setempat, Agama Islam harus menyesuaikan diri dg budaya lokal maupun kepercayaan yang sudah dianut daerah tersebut.
Selanjutnya terjadi proses akulturasi (pencampuran budaya). Prose ini menghasilkan budaya baru yaitu perpaduan antara budaya setempat dg budaya Agama Islam. Setiap wilayah di Indonesia mempunyai tradisi yang berbeda, oleh karena itu proses akulturasi budaya Agama Islam dg budaya setempat di setiap daerah terdapat perbedaan.
Sejarah perkembangan Agama Islam di Indonesia yang diperkirakan telah berlangsung selama tiga belas abad, menandakan ragam perubahan pola, gerakan dan pemikiran keagamaan seiring dg perubahan sejarah bangsa. Keragaman demikian juga dapat melahirkan berbagai bentuk studi mengenai Agama Islam di negeri ini yang dapat dilihat dr berbagai sudut pandang. Agama Islam dilihat dr perkembangan sosial umpamanya, hampir dalam setiap periode terdapat model-model gerakan umat Agama Islam. Sebagaimana terjadi pada zaman atau periode modern dan kontemporer yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tradisi Agama Islam nusantara merupakan sesuatu yang menggambarkan suatu tradisi Agama Islam dr berbagai daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan Agama Islam dr daerah tersebut

Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara


Tradisi merupakan adat kebiasaan turun temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sebelum Agama Islam datang, masyarakat Agama Islam sudah mengenal berbagai kepercayaan. Kepercayaan masyarakat yang sudah turun temurun dan mendarah daging tidak mungkin dihilangkan begitu saja. dg demikian tradisi Agama Islam merupakan akulturasi antara ajaran Agama Islam dan adat yang ada di nusantara.
Tradisi Agama Islam di nusantara merupakan metode dakwah yang dilakukan para ulama saat itu. Para ulama tidak menghapus secara total adat yang sudah berlangsung di masyarakat. Mereka memasukkan ajaran-ajaran Agama Islam dalam adat tersebut, dg harapan masyarakat tidak merasa kehilangan adat dan ajaran Agama Islam dapat diterima.

Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara


Banyak sekali seni budaya nusantara yang di dalamnya terkandung ajaran-ajaran Agama Islam. Berikut merupakan beberapa misalnya :

1.Musik Gambus dan Rebana
Musik gambus atau rebana merupakan lagu/sholawatan  yang diiringi dg alat pukul yang terbuat dr kulit hewan. Adapun ciri khas music ini merupakan:
a)Diringi dg alat music seperti, gambus, kecapi petik, marawis, atau alat music modern
b)Syair bernafaskan Agama Islam, baik berupa nasihat, shalawat nabi baik dalam bahasa Indonesia, arab maupun daerah
misalnya :
- Group Nasida Ria yang berasal dr semarang yang melantunkan irama padang pasir atau di sebut juga dg Qosidah, contoh lagunya Jilbab Putih dan Perdamaian.
- Group Majelis Rossululloh sama juga malantunkan irama padang pasir atau pun Qosidah dan Sholawat, Contoh lagunya yaitu Sholawat Badar dan lain-lain.
- Kuntulan merupakan perpaduan antara seni musik dan seni tari, kuntulan ini asli dr Banyuwangi.
- Rampak Rebana bernada lima yang berasal dr daerah Lombok.
- Seni terbang merupakan untuk mengiringi Berjanji ataupun Sholawatan, terdapat di jawa.

2.Sholawat Nabi
Sholawat Nabi yaitu Do’a puji pujian yang di tunjukan kepada Nabi Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam, misalnya merupakan sholawat badar yang di iringi dg musik yang di lantunkan oleh salah satunya yaitu Majelis Rosululloh. Adapun ciri-cirinya Sholawat Nabi  :
a) Menggunakan alat musik Rebana.
b) Adanya sholawat yaitu do’a dan puji pujian kepada Rosullulloh.
c) Penataan nadanya bernuansakan Agama Islam.
d) Sholawatan biasanya terdapat di dalam kitab Barjanji.



Contah Syair Sholawat :

Sholawat Burdah
Mauula yasolliwasa lim daa iman abadaa
 Allaa habi bika khoiril kholki kuli himi
Aming tada kurijii roni bidii salami
Majad tada azaro min muklati bidami
Mauula yasolliwasa lim daa iman abadaa
 Allaa habi bika khoiril kholki kuli himi
Amm habati rihumi tilkoo ikodimati
Waawmadol bar kupi dholmaaimin idhomi
Mauula yasolliwasa lim daa iman abadaa
 Allaa habi bika khoiril kholki kuli himi
Pamaa liai naika ingkultak pupaa hamat
Wamaa likolbika ingkultas tapik yahimi
Mauula yasolliwasa lim daa iman abadaa
 Allaa habi bika khoiril kholki kuli himi
Ayahsabu Shobu annalhubba mungkatimun
Maa bai na mung sajimimminhu wamuddorimin

3.Japin Bujang Marindu dan Japin Hadrah
Merupakan Jenis tari Yang berpasang pasangan yang di ambil gerak dr tari Zafin yang bernafaskan Agama Islam dr Melayu. Tari ini menggambarkan kerinduan seorang kekasih setelah pergi lama merantaukemudian kembali ke kampong halamanya.
Japin Hadrah merupakan tari yang di ambill dr gerak tari zapin yang bernafaskan Agama Islam yang mengangkat kesenian Hadrah kedalam gerak tari dinamis, semua penarinya merupakan wanita.

4.Santriswaran
Santriswaran berasal dr lingkungan keraton Surakarta dan sekitarnya, Santriswaran merupakan salah satu Group musik yang menggunakan alat musik terbang, kendang dan kemanak. Nada yang di gunakan mengikuti tangga nada seledro. Penabuh musik sekaligus sebagai penyanyi. Syair lagu yang di nyanyikan memuat ajaran Agama Islam san budaya jawa yang di sisipi dg Sholawat Nabi.
5.Tari Zapin
Tari zapin bisa kita temukan di Riau. Tari ini diiringi irama gambus, yang diperagakan oleh laki-laki yang berpasangan dg mengenakan sarung, kemeja, kopeah hitam dan songket dan ikat kepala lacak/destar. Tari ini dipentaskan pada saat acara upacara pernikahan, khitanan dan hari raya Agama Islam



6.Tari seudati
Berasal dr Aceh umumnya diperankan oleh laki-laki dg menari dan membuat bunyi tabuhan dg alat music tubuh mereka sendiri, sewaktu menepuk tangan, dada, sisi tubuh dan menggertakan jari-jarinya.

7.Suluk
Suluk merupakan tulisan dalam bahasa jawa maupun arab yang berisi pandangan hidup orang jawa. Serat wirid merupakan tulisan pujangga jawa yang berisi bacaan-bacaan baik jawa maupun arab yang dibaca berulang-ulang.

8.Gembyung
Seni ini merupakan pengenvbangan dr kesenian terbang yang hidup di lingkungan pesantren. Konon kesenian terbang itu salah satu jenis kesenian yang di pakai sebagai media penyebaran Agama Agama Islam di daerah Cirebon sekitarnya. Kesenian Gembyung ini biasa di pertunjukan pada upacara-upacara  kegiatan Agama Agama Islam seperti peringatan lahirnya Nabi atau di sebut juga dg Muludan, Rajaban dan kegiatan  1 Syuro yang di gelar di sekitar  tempat ibadah. [4]

9.Seni Arsitektur Keraton dan Kasultanan
Arsitektur keratin dan kasultanan di Nusantara, rata-rata bercorak tradisi religio-magis, yang terdiri dr: ruang pasebahan, sitihinggil, alun-alun, pasar, dan masjid. misalnya seperti istana keratin Surakarta, Kasultanan Cirebon, Kasultanan Demak, dan sebagainya.



10. Makam atau Nisan
Makam dalam tradisi Agama Islam di Indonesia berbentuk mar,era tau batu dan bermahkota seperti kubah masjid (maesan), terkadang berhiaskan tulisan kaligrafi atau arabeska. misalnya seperti Makam Sultan Malikus Shaleh di Samudra Pasai, makam para Wali di Jawa.

11. Bentuk Arsitek bangunan Masjid, Surau, Langgar khas Indonesia
Masjid di Indonesia beratap tumpang mirip pura pada masa hindu, atap ini menjadi prototype sebagian besar masjid di Indonesia. Perbedaannya hanya pada jumlah atap tumpangnya, ada yang bertumpang 3, 5, dan 6. Bentuk bangunan Masjid di Indonesia merupakan gabungan antara konsep pura dan bangunan kelenteng.
Berikut beberapa bangunan yang bernuansa Agama Islam di Indonesia.
• Gapura Masjid Kudus yang seperti candi
• Masjid Raya Baiturrahman di Aceh
• Masjid Agung Banten di Banten
• Masjid Agung Demak di Demaks

12. Wayang
Salah satu budaya Jawa hasil akulturasi dg budaya India. Cerita-cerita pewayangan diambil dr kitab Ramayana dan Bharatayudha. Setelah terjadi akulturasi dg Agama Islam tokoh-tokoh dan cerita pewayangan diganti dg cerita yang bernuansa Agama Islam. Bagi orang jawa, wayang bukan hanya sebagai tontonan, tetapi juga tuntunan karenasarat dg pesan-pesan moral yang menjadi filsafat hidup orang Jawa.

13. Gamelan Sekaten
Gamelan jawa yang ditabuh saat upacara sekaten peng-Agama Islaman bagi yang akan masuk agama Agama Islam dg pembacaan syahadat. Sekaten ini dilaksanakan pada bulan maulud. [5]

Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara


1.Penanggalan hijriyah
Masuknya agama Agama Islam ke Indonesia, secara tidak langsung membawa pengaruh pada sistem penanggalan. Agama Agama Islam menggunakan perputaran bulan, sedangkan kalender sebelumnya menggunakan perputaran matahari. Perpaduan antara penanggalan Agama Islam dg penanggalan jawa merupakan sebagai berikut:

No Nama bulan dalam Agama Islam    Nama bulan dalam Jawa
1  Muharram                            Sura
2  Safar                                    Sapar
3  Rabiul awwal                        Mulud
4  Rabiul akhir                          Ba’da mulud
5  Jumadil awal                         Jumadil awal
6  Jumadil akhir                        Jumadil akhir
7  Rajab                                   Rajab
8  Sya’ban                                Ruwah
9  Ramadhan                            Pasa
10 Syawal                                Syawal
11 Zulqaidah                             Kapit
12 Zulhijjah                               Besar


2.sekaten
Sekaten merupakan tradisi membunyikan musik gamelan milik keraton. Pertama kali terjadi di pulau Jawa. Tradisi ini sebagai sarana penyebaran agama Agama Islam yang pada mulanya dilakukan oleh Sunan Bonang. Dahulu setiap kali Sunan Bonang membunyikan gamelan diselingi dg lagu-lagu yang berisi tentang agama Agama Islam serta setiap pergantian pukulan gamelan diselingi dg membaca syahadatain. Yang pada akhirnya tradisi ini disebut dg sekaten. Maksud dr sekaten merupakan syahadatain.
Sekaten juga biasanya bersamaan dg acara grebek maulud. Puncak dr acara sekaten merupakan keluarnya sepasang gunungan dr Masjid Agung setelah didoakan oleh ulama’-ulama’ keraton. Banyak orang yang percaya, siapapun yang mendapatkan makanan baik sedikit ataupun banyak dr gunungan itu akan mendapatkan keberkahan dalam kehidupannya. Beberapa hari menjelang dibukanya sekaten diselenggarakan pesta rakyat.



3.Selikuran
Maksudnya merupakan tradisi yang diselenggarakan setiap malam tanggal 21 Ramadhan. Tradisi tersebut masih berjalan dg baik di Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Selikuran berasal dr kata selikur atau dua puluh satu. Perayaan tersebut dalam rangka menyambut datangnya malam lailatul qadar, yang menurut  ajaran Agama Islam lailatulqadar hadir pada 1/3 terakhir bulan ramadhan.

4.Suranan
Suranan dalam penanggalan Agama Islam adalam bulan Muharam. Pada bulan tersebut masyarakat berziarah ke makam para wali. Selain itu mereka membagikan makanan khas berupa bubur sura yang melambangkan tanda syukur kepada Allah swt. [6]

5.Muludan
Muludan merupakan upacara pendahuluan dr peringatan lahirnya Nabi Muhammad Solallahu Alaihi Wasallam, yang lahir pada 12 Robiul awal/12 mulud, biasanya di bulan Robiul awal banyak yang memperingati hari lahir nya rosullulloh seperti membaca Barzanzi,Sholawatan . Muludan juga di gunakan Sultan untuk berkomnikasi dg rakyatnya dan untuk mensyukuri berkah kepadahan Tuhan.

6.Grebeg
Upacara adat berupa sedekah yang di lakukan pihak kraton kepada masyarakat berupa gunungan. Kraton Yogyakarta dan Surakarta mengadakan upacara grebeg sebanyak 3 dalam 1 tahun, yaitu Grebeg  Syawal pada saat Hara Raya Idul Fitri, Grebeg Besar pada Hari Raya Idul Adha, dan Grebeg Mulud atau sering di sebut juga dg sekaten. Sekaten yaitu mengarak sedekah dr raja yang berupa makan, sayur, buah-buahan dr kediaman raja ke masjid Agung untuk kemudian di bagikan kepada pengunjung dan rakyat.
Grebeg Besar merupakan kira pusaka peninggalan kerajaan Demak dr pondopo Kabupaten Demak menuju makan Sunan Kalijaga di daerah Kadilangu. Sewlain Kirab dalam acara tersebut juga di laksanakan memcuci barang pusaka peninggalan Suanan Kalijaga, Grebeg Besar di lakukan pada tanggal 10 Djulhijah.

7.Megengan
Upacara menyambut Bulan Suci Romandan Oleh Bupati dan rakyat Semarang( jawa tengah ). Kegiatan utamanya merupakan pemukulan bedug yang ada di masjid sebagai tanda jatuh nya tanggal 12 Romadon di mulainya berpuasa. Upacara tersebut masih terpelihara di daerah Kudus dan Semarang.


video sholawatan


8.Syawalan
Kegiatan silahturahmi kepada semua umat manusia (muslim) setelah melaksanakan Sholat Sunat Idul Fitri untuk saling maaf memaafkan atas segala kesalahan yang telah di perbuatnya. Pada tradisi tersebut berlangsung hingga beberapa hari, Bahkan ada yang di ramaikan pada hari ke 7 Syawal dg Istilah Lebaran Ketupat.

9.Akekah
Upacara di mana setelah anak lahir atau setelah berumur 7 hari biasanya di akekahi dg menyebelih kambing atau domba, kalau anak laki laki bagusnya 2 kambing atau 2 domba, sedangkan anak perempuan di perbolehkan satu, setelah proses penyebelihan itu daging  akekah nya di bagi kan pada masarak sekitar atau di hidangkan untuk upacara pemberian nama. Dan pembacaan Barzanzi atau di sebut juga Marhabaan. [7]

Kesimpulan

Seni merupakan penggunaan imajinasi manusia secara kreatif untuk menikmati kehidupan. Seni budaya lokal yang benapaskan Agama Islam tersebut merupakan hasil para juru dakwah dimasa lalu yang kreatif, dimana para juru dakwah mencari akal bagaimana supaya masyarakat yang sebelumnya masih kuat memegang adat dan budaya sebelumnya beralih ke agama Agama Islam tanpa menyinggung perasaan adat budaya sebelumnya yaitu hindu budha. 

Kita perlu menghargai dan melestarikan seni budaya adat yang bernafaskan Agama Islam, sepanjang tidak membawa dampak negative bagi aqidah keAgama Islaman dan tidak mengakibatkan syirik dan penyimpangan ajaran.

Tradisi-tradisi Agama Islam nusantara sangat banyak sekali macam dan bentuknya, disini pemakalah membagi menjadi dua bagian  yaitu:

1.Seni dan Budaya Nusantara bernafaskan Agama Islam yakni seperti: Musik Gambus dan Rebana, Sholawat Nabi , Japin Bujang Marindu dan Japin Hadrah, Santriswaran, Tari Zapin, Tari seudati, Suluk, Gembyung, Seni Arsitektur Keraton dan Kasultanan, Makam atau Nisan, Bentuk Arsitek bangunan Masjid, Surau, Langgar khas Indonesia, Wayang, Gamelan Sekaten.

2.Tradisi Upacara Adat yang Bernafaskan Agama Islam yakni seperti: Penanggalan hijriyah, Sekaten, Selikuran, Suranan, Muludan, Grebeg , Megengan, Syawalan, Akekah.
Seni budaya dan tradisi di nusantara diatas masih dipakai sampai pada saat sekarang ini.  Seperti didaerah-daerah pedesaan, namun semuanya ini sudah mengalami perubahan sesuai dg perkembangan zaman.

Sponsor :

imnu " Internet Marketer Nahdlatul Ulama "

0 Response to "Maulidan, Sholawatan, Tahlilan, Adalah Tradisi Islam di Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel